Mengenal Kitab Orang Mati, Panduan Bangsa Mesir Menuju Alam Baka
Selama berabad-abad, bangsawan Mesir menjaga ritual suci yang menjamin nikmat ilahi setelah kematian. Tetapi seiring waktu semua orang Mesir, baik kaya maupun miskin, dapat memiliki rahasianya.
Ahli Mesirologi, Jerman Karl Richard Lepsius mengubah pemahaman tentang spiritualitas Mesir setelah ia menerbitkan kumpulan teks kamar mayat kuno yang terdiri dari mantra atau formula sihir pada tahun 1842. Dikenal di Mesir kuno sebagai "The Chapters of Going Forth by Day".
Lepsius menjulukinya sebagai Kitab Orang Mati. Terdiri dari 200 bab, berisi wawasan yang mendebarkan tentang keyakinan tentang cobaan, kegembiraan, dan ketakutan dalam perjalanan ke alam misterius kematian.
Selama berabad-abad, dianggap tulisan-tulisan yang ditemukan di makam Mesir adalah bagian dari kitab suci kuno. Belakangan, ketika para sarjana belajar menguraikan hieroglif, mereka menemukan bahwa teks-teks ini adalah mantra—"peta jalan" ajaib yang diberikan kepada orang mati untuk menavigasi jalan mereka dengan aman melalui alam baka. (Jelajahi makam tak tersentuh berusia 4.400 tahun yang ditemukan di Saqqara.)
Meskipun para cendekiawan telah mengetahui kandungan magis dari tulisan-tulisan tersebut sebelum Lepsius diterbitkan, urutan mantra yang cermat dan pemberian nomor bab untuk masing-masing adalah sistem yang masih digunakan untuk mempelajarinya hingga hari ini.
Dari sekian banyak versi mantra yang telah ditemukan, konstruksi teksnya tidak persis sama—namun susunan publikasi Lepsius membantu para sarjana untuk melihat kumpulan karya ini sebagai satu kesatuan yan
Bagian telah ditemukan tertulis pada gulungan papirus, pada perban yang digunakan dalam mumifikasi, pada makam, dan pada sarkofagus dan barang kuburan orang mati. Awalnya dimaksudkan semata-mata untuk penggunaan royalti, bagian tertua dari Kitab Orang Mati diambil dari tulisan pemakaman yang dikenal sebagai Teks Piramida, yang berasal dari Kerajaan Lama Mesir, pada awal 2300 SM.
Bagaimana dan kapan Kitab Orang Mati pertama kali disusun adalah sebuah misteri. Contoh paling awal yang diketahui muncul di sarkofagus ratu dinasti ke-13 Mentuhotep (1633-1552 SM). Antara Kerajaan Tengah dan Baru, penggunaan Kitab Orang Mati tidak lagi terbatas pada royalti. Siapa pun yang memiliki cukup uang untuk memproduksi atau memperoleh versi teks tersebut, diharapkan dapat meningkatkan peluang mereka untuk melewati alam baka dengan lancar.
Perjalanan Orang Mati
Kutipan dari Kitab Orang Mati dilantunkan oleh seorang pendeta selama upacara pemakaman di makam. Selanjutnya datang serangkaian ritual untuk mempersiapkan orang mati untuk perjalanan mereka. Di antaranya adalah ritual yang disebut "pembukaan mulut", di mana alat-alat ritual diterapkan pada gambar almarhum di sarkofagus. Diyakini upacara ini mengaktifkan kembali indera mayat. (Pelajari cara membuat mumi dalam 70-an hari atau kurang.)
Bagi orang Mesir kuno, ini adalah momen harapan seperti yang diungkapkan dalam bab kesembilan: “Saya telah membuka setiap jalan yang ada di langit dan yang ada di bumi, karena saya adalah putra kesayangan ayah saya Osiris. Saya mulia, saya adalah roh, saya diperlengkapi; Wahai semua dewa dan semua roh, siapkan jalan untukku.”
Orang Mesir percaya bahwa orang yang meninggal akan memulai perjalanan bawah tanah, menelusuri rute Re, dewa matahari. Setelah menghilang bersama matahari terbenam di barat, Re melewati dunia bawah dengan perahu untuk kembali ke titik awalnya di timur. Selama perjalanan ini, almarhum, di atas kapal Re, harus menghadapi makhluk ganas yang menghalangi jalan menuju kehidupan baru mereka. Yang paling tangguh adalah Apep, seekor ular yang berniat menghentikan kapal Re dan membawa kekacauan ke dunia.
Apep akan mengancam Re setiap malam. Jika almarhum berhadapan langsung dengan makhluk yang menakutkan ini, bab 7 dari Kitab Orang Mati siap membantu: “Saya tidak akan lembam untuk Anda, saya tidak akan lemah untuk Anda, racun Anda. tidak boleh masuk ke dalam anggota saya, karena anggota saya adalah anggota Atum.”
Setelah berhasil melewati Apep, almarhum akhirnya akan tiba di sebuah labirin, dilindungi oleh serangkaian gerbang. Untuk melewati masing-masing, mereka harus melafalkan teks tertentu dan memanggil nama gerbang. Jika doa yang benar dipanjatkan, maka gerbang akan berkata: "Lulus, kamu suci."
Ketakutan terdalam dari orang Mesir kuno yang merenungkan nasib mereka untuk kekekalan dirangkum dengan fasih dalam bab 53 dari Kitab Orang Mati. Salah satu hukuman abadi yang dijatuhkan adalah kemungkinan harus memakan kotorannya sendiri:
“Saya membenci apa yang menjijikkan. Saya tidak akan makan kotoran, saya tidak akan minum air seni, saya tidak akan berjalan dengan kepala tertunduk.” Kalimat menakutkan lainnya termasuk kelaparan dan kehausan terus-menerus, direbus, atau dimakan oleh binatang buas.
Pahala Akhirat
Di sisi lain, tertulis juga jalan menuju surga. Yang berbudi luhur bisa menantikan dataran Aaru, “ladang alang-alang.” Tidak seperti dunia yang mereka tinggalkan, tanah kematian yang bahagia ini dipenuhi dengan sungai, gunung, dan ladang subur yang subur di mana jelai akan tumbuh setinggi lima hasta.
Namun, itu bukan surga rohani yang eksklusif, terdapat hadiah fisik juga. Seperti yang diungkapkan bab 110 dari Kitab Orang Mati, kebutuhan dan kesenangan jasmani tidak ditinggalkan begitu seseorang masuk ke alam baka. Banyak kesenangan hidup—makan, minum, dan kawin, untuk beberapa nama—ada di sana seperti yang mereka lakukan dalam hidup. Makanan khusus disebutkan: Sebuah bagian dari rubrik ke bab 125 menjanjikan kue Ashens, sebotol bir, kue Persen, dan sebagian daging dari altar Dewa Agung.
Ya, pelayan tersebut adalah ushabti, patung-patung yang dikuburkan bersama mereka di antara barang-barang kuburan lainnya. Diyakini bahwa sihir akan mengubah patung-patung ini menjadi pelayan begitu orang mati masuk ke Aaru. Setiap patung ushabti menyilangkan tangan dan memegang peralatan pertanian.
Di bagian bawah masing-masing tertulis sebuah bab dari Kitab Orang Mati: “Jika (nama almarhum) dianggap melakukan pekerjaan apa pun di Wilayah Dewa.. mengairi ladang, atau mengairi tepi, atau mendayung pasir dari timur ke barat, saya akan melakukannya. Saya disini."
No comments: